Rasulullah SAW, Pribadi yang Jujur dan Amanah

Baginda Nabi Muhammad SAW itu adalah seorang yang sangat jujur dalam semua perkataan dan prilakunya. Beliau seorang yang sangat dipercaya dalam menjaga hak-hak orang lain. Umatnya sangat mencintai dan sangat hormat kepada beliau dengan dua sifat beliau yaitu sifat Jujur dan menepati janji. Keduanya merupakan sifat dari semua Nabi dan Rasul Allah SWT.

Rasulullah SAW merupakan pribadi yang sangat membenci sifat kadzib atau bohong dan khianat, karena kedua sifat ini merupakan bagian dari tanda-tanda dari orang-orang yang munafik, sedangkan orang munafik itu berada di dasar jurang neraka.

Kejujuran yang Dicontohkan Rasulullah SAW dalam Bermuamalah antara lain:
 Dalam  melakukan  transaksi  bisnis  Muhammad SAW menggunakan kejujuran sebagai etika dasar. Gelar al-AmÄ«n (dapat dipercaya) yang diberikan masyarakat Makkah berdasarkan perilaku Muhammad SAW pada setiap harinya sebelum ia menjadi pelaku bisnis. Ia berbuat jujur dalam segala hal,  termasuk  menjual  barang  dagangannya.

Cakupan  jujur  ini  sangat  luas, seperti tidak melakukan penipuan, tidak menyembunyikan cacat pada barang dagangan, menimbang barang dengan timbangan yang tepat, dan lain-lain. Kejujuran  Muhammad  SAW dalam  bertransaksi dilakukan dengan cara menyampaikan kondisi riil barang dagangannya. Ia tidak menyembunyikan kecacatan  barang  atau  mengunggulkan  barang  daganganya,  kecuali  sesuai dengan  kondisi  barang  yang  dijualnya.  Praktek  ini  dilakukan  dengan  wajar dan  menggunakan  bahasa  yang  santun. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AGAMA ISLAM KELAS 2 : SIKAP DISIPLIN NABI LUTH a.s

AGAMA KELAS TIGA (3) : PESAN SURAT AN NASR

AGAMA KELAS 4 (EMPAT) : SIKAP SANTUN DAN MENGHARGAI TEMAN